Posts Subscribe comment Comments

Baru Dilantik, Menhan Korsel Dikecam Korut

Foto: Menteri Pertahanan Korsel Kim Kwan-jin
SEOUL - Korea Utara mengecam kepala pertahanan Korea Selatan yang baru karena telah mengancam akan melakukan serangan udara terhadap Korut. Negara pimpinan Kim Jong-il ini juga menuduh Korsel sebagai penyebab tensi yang ekstrem dan tidak terkontrol di wilayah semenanjung Korea.

Seperti dilansir Associated Press pada Minggu (5/12/2010), Menteri Pertahanan Korsel Kim Kwan Jin pada Jumat 3 November lalu, mengatakan dirinya akan mengerahkan pesawat jet untuk mengebom Korut. Serangan itu akan dilakukan jika Korut mengulangi tindakannya menyerang wilayah Korsel.

Korut sempat melakukan serangan ke Pulau Yeonpyeong milik Korsel pada 23 November lalu. Serangan tersebut menewaskan dua marinir dan dua warga sipil dari pihak Korsel.

Kantor berita Korut KCNA hari ini mengeluarkan pernyataan yang menyalahkan Korsel karena dianggap telah merencakan serangkaian provokasi gila-gilaan. Provokasi yang dimaksud termasuk pernyataan Menteri Pertahanan Korsel yang baru dilantik tersebut.

Kantor berita tersebut mengatakan lebih lanjut tindakan itu telah menjadikan situasi di semenanjung Korea masuk ke fase yang ekstrem dan tidak terkontrol.(fmh)

0

Silahkan Tulis Komentar Anda ...

TV ku