Posts Subscribe comment Comments

Keuangan Klub Italia Kembali Sehat

Keuangan Klub Italia Kembali Sehat
Liputan6.com, Milan: Klub-klub Serie A Italia boleh berharap bisa mereguk keuntungan musim panas ini. Kondisi keuangan semakin sehat seiring naiknya jumlah pemasukan dari hak siar televisi, yang bisa menjaga citra Serie A sebagai salah satu liga terkaya Eropa.
Menurut studi yang dilakukan biro konsultasi di Bologna, StageUp, rata-rata tim elite Italia akan menerima pemasukan sekitar 400 ribu euro (Rp 4,5 miliar) di akhir musim 2010-11. Naiknya pemasukan dari hak siar televisi bakal menutupi minimnya pemasukan dari sponsor dan tiket penonton.
Pada musim 2008-09 klub-klub Serie A rata-rata rugi 8,3 juta euro (Rp 94,6 miliar). Tapi kini, minimnya pemasukan bisa terbantu dari naiknya kontrak hak siar televisi. Perusahaan penyiaraan yang mengambil hak siar Serie A berani menyuntikkan lebih dari 1 miliar euro dari para pemegang atau stasiun televisi secara kolektif.
Nilainya naik sekitar 20 persen dari musim lalu. Membuat Serie A semakin kuat di tempat ketiga untuk urusan tingginya pemasukan dalam satu musim, di bawah Liga Premier Inggris dan Bundesliga Jerman. Musim ini bisa dikatakan sebagai musim penuh kesempatan untuk Serie A, kata StageUp dalam pernyataannya.
Meski demikian, klub-klub Italia termasuk yang paling sulit untuk mengeruk keuntungan. Beberapa faktor yang memberatkan yakni, stadion yang tidak dimiliki langsung oleh klub dan minimnya investor yang mau datang menyuntikkan dana mereka.(DIM/Reuters)

0

Silahkan Tulis Komentar Anda ...

TV ku